Informasi kehamilan, Kesehatan Ibu dan Anak

Jan 10, 2012



Jun2009 Diposkan oleh Fun Pregnancy Label: Artikel Penting Cepat Hamil, Info Dokter untuk Cepat Hamil


Salah satu hal yang akhir-akhir ini sering ditanyakan oleh pasangan yang sedang merencanakan kehamilan adalah perlukah dilakukannya medical check up sebelum terjadinya kehamilan?

Pre-Pregnancy Check Up sebenarnya merupakan langkah awal yang penting dilakukan pada saat pasangan sedang mempersiapkan kehamilan. Bahkan, di negara-negara belahan barat sana, Pre-Pregnancy Check Up sudah dianggap merupakan suatu keharusan.

Dengan melakukan Pre-Pregnancy Check Up ini, kita dapat mencegah terjadinya kelainan dan ketidaknormalan pada janin yang akan dikandung nantinya, mengingat kondisi kesehatan ibu pada saat mengandung akan mempengaruhi janin yang dikandungnya. Bila memang pada saat Pre-Pregnancy Check Up ditemukan adanya kelainan, maka kondisi ini bisa diperbaiki terlebih dulu sehingga bila saatnya hamil, kondisi kesehatan ibu sudah berada dalam keadaan yang prima. Bila ibunya sehat, bayinya juga bisa dipastikan akan sehat. Di samping itu dengan diketahuinya masalah lebih awal, proses dan usaha untuk mencapai kehamilan pun menjadi lebih mudah dan cepat.

Tes Apa Saja yang Biasanya Dilakukan pada Pre-Pregnancy Check Up? Karena Pre-Pregnancy Check Up bertujuan mengevaluasi kondisi kesehatan ibu dan pasangan/suami termasuk gaya hidup yang mempengaruhi kesehatannya, maka tes/cek yang dilakukan umumnya meliputi:

Riwayat Kesehatan Keluarga

Tes dimulai dari cek golongan darah, rhesus, penyakit-penyakit yang pernah diderita, dan kelainan-kelainan bawaan (jika ada) yang dialami pasangan maupun anggota keluarganya. Bila ditemukan adanya penyakit seperti epilepsi, diabetes, dan tekanan darah tinggi, maka dokter akan melakukan perawatan khusus pada ibu selama menjalani kehamilan. Demikian juga dengan adanya kelainan-kelainan bawaan, dokter akan melakukan tes lanjutan untuk melihat kemungkinan menurun tidaknya pada sang calon janin.

Kondisi Kesehatan Pasangan

Tes BMI (Body Mass Index), terlalu gemuk atau sebaliknya terlalu kurus sehingga diperlukan adanya diet khusus. Tes alat reproduksi calon ibu dan pasangannya/ suami, cek kondisi rahim, indung telur, saluran telur, apakah bebas dari myom dan sejenisnya. Cek kualitas sel telur yang siap untuk dibuahi, kualitas dan pergerakan serma yang memungkinan untuk terjadinya pembuahan.

Obat-Obatan yang Sedang Digunakan

Ada tidaknya obat-obatan atau supplemen yang dikonsumsi secara rutin oleh calon ibu /suaminya yang dianggap berbahaya bagi sang calon janin. Bila memang ada, maka dokter akan meresepkan obat alternatifnya yang lebih aman.

Vaksinasi yang Mungkin Diperlukan

Tes darah untuk melihat kemungkinan terinfeksinya Torch sehubungan dengan gaya hidup yang dijalani (adanya hewan peliharaan, kebiasaan makan sayuran/daging mentah, steak setengah matang, lalap, sashimi). Sebelum hamil, pasangan perlu dipastikan terbebas dari virus ini. Bila memang diperlukan adanya vaksinasi, maka dokter akan melakukannya minimal satu bulan sebelum dipersiapkannya kehamilan.


APA ITU TORCH?
10Mei2009 Diposkan oleh Fun Pregnancy Label: Artikel Penting Cepat Hamil, Tips Cepat Hamil

TORCH. Kata yang satu ini akhir-akhir ini sering kita dengar, terutama yang kaitannya dengan kehamilan dan ibu hamil. Meskipun belum banyak pelaku kehamilan dan praktisi medis yang mengantisipasi mengenai hal ini, keberadaan virus ini perlu diwaspadai mengingat pada beberapa kasus gagal hamil dan kelainan kandungan yang terjadi, sebagian besar di antaranya disebabkan oleh infeksi kelompok virus ini.

# Apakah sebenarnya TORCH?

TORCH adalah kelompok infeksi yang disebabkan oleh beberapa jenis virus, yaitu Toxoplasma gondii, virus Rubella, CMV (Cytomegalo Virus), dan virus Herpes Simplex 2 (HSV II).

# Apa dan siapa yang dapat diserang oleh virus ini?

TORCH menyerang semua jaringan organ tubuh termasuk sistem saraf yang mengendalikan fungsi gerak, penglihatan, pendengaran, kadiovaskular dan metabolisma tubuh. Dapat menginfeksi pada anak-anak hingga usia dewasa.

# Gejala-gejala apa yang ditunjukkan bila seseorang terinfeksi Torch?

Gejala klinis yang ada umumnya tidak berupa gejala spesifik yang signifikan sehingga sulit membedakannya dengan penyakit lain, atau bahkan gejala yang timbul sama sekali tidak tampak sehingga keberadaan virus ini sulit terdeteksi. Keluhan yang sering timbul adalah pusing, vertigo, migran, penglihatan kabur, pendengaran terganggu, radang tenggorokan, radang sendi, nyeri lambung, lemah lesu, kesemutan, sulit tidur, epilepsi, dan beberapa keluhan lainnya. Meskipun demikian gejala-gejala tersebut belum tentu membuktikan adanya infeksi TORCH.

Untuk mendeteksi keberadaan virus ini secara akurat, pemeriksaan laboratorium adalah tindakan yang paling dianjurkan.

# Mengapa hal ini perlu diwaspadai oleh ibu hamil atau calon ibu hamil?

Meskipun gejala yang dialami ibu hamil cenderung tidak tampak, namun virus ini berdampak serius bagi janin yang ada dalam kandungan. Bila terinfeksi pada ibu hamil, virus ini dapat menyebabkan terjadinya berbagai kasus kehamilan dan kandungan seperti kelainan kehamilan dan kandungan, terganggunya tumbuh-kembang janin yang menyebabkan cacat fisik dan mental pada janin, dan menyebabkan terjadinya abortus spontan/ keguguran atau kematian janin, pada beberapa kasus bahkan dapat terjadi berulang kali sehingga menjadikan sulit untuk hamil.

# Bagaimana Cara Pencegahannya dan Dapatkah Diobati?

Tiap virus dalam kelompok Torch ini memiliki cara penularan yang berbeda-beda, karena itu dapat memiliki cara-cara pencegahan yang tidak sama persis. Namun secara umum penularan terbanyak adalah melalui kotoran (urin/feses), sekresi kelenjar (ludah, air susu, cairan kelamin), transfusi darah, transplantasi organ, dan plasenta ibu ke janin. Khusus untuk parasit Toxoplasma juga dapat tertular melalui makanan yang dimasak setengah matang yang terkontaminasi kista toxoplasma.

Cara pencegahan terbaik yang dianjurkan adalah:

menghindari kontak melalui cara-cara di atas dengan penderita Torch

gunakan sarung tangan tiap kali membersihkan kotoran binatang peliharaan, terutama kucing

selalu menjaga kebersihan tangan sebelum makan

menghindari makanan yang dimasak setengah matang/ half-cooked (ctt: pematangan di suhu minimal 70 C selama 10 menit akan mematikan virus ini)

# Dapatkah Diobati?

Pasien dengan kadar Torch yang rendah dapat diobati dengan antibiotik. Namun pengobatan ini tidak efektif untuk kadar Torch yang kronis atau pasien mengandung dengan usia kandungan di bawah 3 bulan/ tri-semester I.

Karena itu untuk mengantisipasi dampak negatif di kemudian hari, disarankan untuk calon ibu hamil melakukan tes Torch ini terlebih dulu. Bila memang ditemukan adanya infeksi, maka dokter akan melakukan treatment dan vaksinasi lanjutan. Setelah dinyatakan bebas Torch, pasien baru diperbolehkan aman untuk mulai hamil.

Baca Lebih Detail:

Torch Infections, Causes and Risk Factors

Treatments for Torch Syndrome

Bookmark and Share

1 komentar Link ke posting ini

Tips Feng Shui Untuk Cepat Hamil
18Apr2009 Diposkan oleh Fun Pregnancy Label: Feng Shui Cepat Hamil, Tips Cepat Hamil



Feng Shui ternyata tidak hanya bisa diterapkan untuk renovasi rumah dan sekitarnya saja. Ilmu timur kuno yang berarti "arah angin dan air" ini mempelajari pergerakan hampir semua jenis energi, termasuk energi yang berasal dari lingkungan dan benda-benda yang diletakkan di sekitar kita.. serta bagaimana energi ini akan berpengaruh di tiap aspek kehidupan kita.

Feng Shui dan beberapa disiplin ilmu terkait percaya bagaimana perletakan benda-benda ini saling mempengaruhi, dan jika kita tahu mengenai hal ini, kita pun bisa menarik dan menggunakan energi terbaik untuk memberikan keuntungan positif bagi elemen hidup yang kita butuhkan.

Berikut beberapa tips dari pakar Feng Shui untuk pasangan yang dinyatakan sehat secara medis dan ingin cepat memperoleh momongan:

#1. AKTIFKAN AREA KREATIVITAS
Kreativitas merupakan hal terkuat yang berhubungan dengan anak. Area kreativitas di dalam rumah adalah area yang ditunjukkan dengan warna putih pada gambar di atas. Dari pintu masuk rumah, posisinya ada di sebelah kanan masuk ke dalam rumah sepertiga area dari depan menuju belakang. Pintu masuk utama rumah adalah area yang berwarna hitam.

Aktifkan area berwarna putih ini dengan banyak menempatkan benda-benda berelemen metal (metal=lambang kreativitas) atau sesuatu yang dekat dengan kreativitas (mainan, alat musik, boneka, atau bahkan televisi). Jika Anda punya hobi kerajinan tangan, area ini juga bisa digunakan sebagai area kerja Anda.

#2. CEK BILA ADA "POISON ARROW" DI RUANG TIDUR ATAU RUMAH ANDA
Poison Arrow adalah sudut tajam dan lancip dari struktur bangunan atau perabot rumah (sudut dinding, pilar, balok plafon, atau siku meja) yang mengarah menuju tempat tidur atau kamar Anda. Poison Arrow ini dapat menyebabkan timbulnya energi negatif.

Bila ada, usahakan untuk menutupi, mengkamuflase (contoh: menyamarkan sudut dengan membuatnya menjadi bulat), atau memantulkan kembali dengan memasang cermin yang menghadap ke sudut tersebut

#3. RAPIKAN RUANG TIDUR ANDA
Kamar yang berantakan akan melemahkan energi positif yang ada. Rapikan dan buatlah ruang tidur Anda menjadi tempat beristirahat yang nyaman dan menyenangkan.

#4. PAJANG LUKISAN BERGAMBAR ANAK-ANAK DI KAMAR ANDA
Semakin banyak anak-anak yang tergambar di lukisan akan semakin baik.

Contoh terbaik penerapan tips fengshui no 4 ini adalah lukisan terkenal “100 Children” yang disulam langsung di tirai ruang tidur raja istana kekaisaran China, Forbidden City. Simbol tersebut melambangkan banyaknya jumlah keturunan sebagai penerus kerajaan.


#5. ORNAMEN GAJAH UNTUK HADIRNYA ANAK LAKI-LAKI
Ornamen gajah juga merupakan salah satu simbol kehamilan, terutama bagi pasangan yang menginginkan bayi laki-laki. Tempatkan ornamen ini di tempat yang cukup menarik perhatian baik di ruang tidur maupun di ruang lain di dalam rumah.


#6. MERAH, WARNA UNTUK DIHINDARI
Mengingat metal akan lumer terbakar bila bertemu dengan api, maka segala hal yang berhubungan dengan api perlu dihindarkan di area kreativitas, termasuk warna merah dan bentuk segitiga. Hindari meletakkan tempat lilin atau koleksi interior berbentuk segitiga atau berwarna merah di area ini.

Bookmark and Share

0 komentar Link ke posting ini

9 MITOS UNTUK CEPAT HAMIL
13Apr2009 Diposkan oleh Fun Pregnancy Label: Artikel Penting Cepat Hamil, Mitos

Ada beragam mitos yang beredar di masyarakat sebagai tips untuk pasangan yang ingin cepat memperoleh keturunan atau cepat hamil. Sebagian mitos memang terbukti dan juga diakui secara ilmiah. Namun tak jarang pula mitos yang justru memberikan informasi yang keliru.

Apa saja itu? Temukan infonya di sini..

1. Berhubunganlah Minimal 2-3 x Seminggu Bila Ingin Cepat Hamil

# BENAR
Terlepas dari mengetahui tidaknya masa subur, tips ini cukup bermanfaat jika diterapkan secara konsisten bagi pasangan yang ingin cepat memperoleh keturunan. Mengapa?
Karena dengan berhubungan minimal 2-3 x dalam seminggu dengan asumsi jarak antar hubungan berada di tengah minggu, sperma akan memiliki kemungkinan hidup 3x (2-3 hari) dalam seminggu. Hal ini berarti hampir tidak adanya hari di mana sperma absen dalam serviks, kecuali pada masa tidak subur tentunya. Sehingga bila saatnya sel telur dihasilkan/ ovulasi, sperma sudah siap untuk langsung membuahi.

2. Untuk Cepat Hamil, Berbaringlah ke Arah Kanan Segera Setelah Selesai Berhubungan

# SALAH
Berbaring ke kanan atau ke kiri tidak akan terlalu berpengaruh pada perjalanan sperma bertemu sel telur, mengingat posisi saluran telur yang berada di atas rahim. Cara yang terbaik adalah sedikit mengangkat panggul dengan mengganjalnya dengan bantal kecil (bukan bantal besar) dan mengangkat kedua kaki ke atas dalam posisi terlentang selama 5-10 menit segera setelah selesai berhubungan. Cara ini diharapkan dapat menahan sperma lebih lama di liang vagina dan membantu mempercepat perjalanan sperma ke saluran telur.

Baca juga: Tips Berhubungan Supaya Cepat Hamil

3. Bila Ingin Cepat Hamil, Segeralah Berhubungan Setelah Selesai Menstruasi

# TIDAK SEMUA BENAR
Tergantung masa ovulasinya. Jika masa ovulasi pendek, maka hal itu bisa terjadi, karena hampir tidak adanya masa tidak subur. Namun agak sulit jika masa ovulasinya panjang. Mengapa?
Karena sesaat setelah berakhirnya menstruasi, dinding rahim sebenarnya justru akan merapat dan menutup serta diikuti dengan tidak adanya sekresi/ kelenjar, salah satu faktor pendukung yang melancarkan perjalanan sperma. Vagina akan dalam kondisi kering selama beberapa hari. Menebalnya dinding rahim ini juga akan menyumbat jalan masuknya sperma. Masa ini akan berlangsung selama 3-5 hari disebut sebagai masa tidak subur. Berhubungan pada masa ini tidak dapat menghasilkan kehamilan.

4. Wanitalah yang Menentukan Jenis Kelamin Bayi

# SALAH
Yang menentukan jenis kelamin bayi adalah sperma sang calon ayah karena sperma laki-laki lah yang mengandung kromosom X dan Y yaitu kromosom penentu jenis kelamin bayi. Sedangkan sel telur ibu bersifat netral. Namun mengingat perbedaan sifat kedua kromosom ini, maka wanita bisa membantu meningkatkan potensi kehamilan untuk jenis kelamin bayi yang dipilih dengan menciptakan suasana vagina yang diinginkan oleh masing-masing kromosom dan mengatur waktu berhubungan yang meningkatkan potensi kehamilan bagi jenis kelamin bayi yang diinginkan.

5. Makan Taoge Bikin Cepat Hamil

# BENAR
Karena taoge mengandung Vitamin B6 salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatur hormon reproduksi. Namun tentu saja mengkonsumsi taoge saja tidaklah cukup. Dibutuhkan beberapa nutrisi lainnya untuk mendukung dan meningkatkan potensi kehamilan seperti zat seng, zat besi, asam folat, vitamin E dan C, yang terkandung di beberapa jenis makanan seperti seafood, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau, dan beberapa jenis lainnya.

Tips lengkapnya bisa dibaca di Tips Makanan untuk Cepat Hamil.

6. Tamballah Gigi yang Lubang Jika Ingin Cepat Hamil

# BENAR
Meskipun belum adanya kebenaran yang absolut mengenai hal ini, namun beberapa studi menunjukkan adanya hubungan antara kesehatan gigi dan gusi dengan kesehatan rahim.
Bahkan adanya penelitian yang pernah menunjukkan bakteri yang sama dengan bakteri yang terdapat pada lubang gigi ditemukan di rahim dan saluran telur. Beberapa dokter kandungan juga meyakini kebenaran ini dan menyarankan pasiennya untuk menutup lubang giginya bila ada.

7. Olahraga Jalan Cepat Bikin Cepat Hamil

# BENAR
Jenis olahraga ringan seperti berenang atau jalan cepat dapat membuat tubuh menjadi lebih fit dan sehat. Di samping itu juga dapat membantu mengendalikan berat badan mengingat berat tubuh ideal juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh supaya cepat hamil. Wanita dengan berat tubuh yang ideal akan lebih mudah untuk hamil dibanding wanita yang mengalami masalah dengan berat badannya. Terlalu gemuk atau terlalu kurus menyebabkan wanita menjadi lebih sulit untuk hamil.

Baca juga: Kegemukan Bikin Susah Hamil?
Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal

8. Bila Ingin Bayi Kembar, Berhubunganlah 2 x Dengan Jarak Waktu yang Singkat

# SALAH
Kemungkinan kelahiran bayi kembar lebih disebabkan karena pengaruh sperma dan sel telur saat dibuahi. Dapat berupa kembar satu sel telur (identik) atau dua sel telur. Salah satu alasan ilmiah yang masih bisa diterima adalah kemungkinan adanya penurunan gen kembar.

9. Adopsi Anak Supaya Cepat Hamil

# BELUM DIBUKTIKAN ILMIAH
Meskipun belum benar-benar dibuktikan secara ilmiah, namun beberapa pasangan telah membuktikan kemanjuran tips yang satu ini. Pendapat medis menyatakan kehadiran anak adopsi sebenarnya lebih berpengaruh ke faktor psikologis pasangan terutama sang ibu. Karena ketegangan emosi dan depresi sang ibu berkurang sehingga berpengaruh positif bagi kondisi psikologisnya. Mengingat stress juga salah satu penyebab sulitnya kehamilan, maka berkurangnya stress dapat membantu meningkatkan produksi hormon yang akan mengoptimalkan fungsi sistem reproduksi sehingga pada akhirnya dapat mempercepat terjadinya kehamilan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?
Bookmark and Share

0 komentar Link ke posting ini

VITAMIN E = VITAMIN KESUBURAN ?
06Apr2009 Diposkan oleh Fun Pregnancy Label: Makanan, Tips Cepat Hamil



Bila saat ini Anda sedang mempertimbangkan jenis vitamin apa yang hendak Anda konsumsi dalam mempersiapkan kehamilan, vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang layak dan tidak boleh Anda lupakan.

Mengapa?

Vitamin E sudah lama dikenal sebagai salah satu antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada jaringan tubuh, sehingga kesehatan jaringan dapat lebih terjaga dan fungsi kerjanya pun dapat lebih dioptimalkan. Untuk jaringan reproduksi terutama berfungsi untuk menjaga kesehatan sperma karena vitamin E terbukti mampu untuk melindungi membran sperma dari kerusakan akibat oksidasi. Di mana kita ketahui, rusaknya DNA sperma merupakan salah satu penyebab terjadinya ketidaksuburan.

Kekurangan vitamin E juga berpengaruh pada turunnya produksi enzim dan hormon-hormon kunci yang bertanggungjawab pada pembentukan sperma.

Pada beberapa studi bahkan ditemukan adanya peningkatan kesuburan sebesar 20% pada sejumlah pria yang sebelumnya tergolong tidak subur setelah diterapi dengan vitamin E. Angka keberhasilan ini bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan terapi kesuburan sejenis yang sering dilakukan. Dengan kata lain, vitamin E mampu meningkatkan potensi sperma sebanyak 2,5 kali lipat dibanding mereka yang tidak mengkonsumsinya. Vitamin E juga memiliki dampak positif yang sama pada tingkat kesuburan wanita.

Dosis yang dianjurkan adalah sebanyak 400 IU untuk dikonsumsi per harinya. Dapat dikonsumsi bersama dengan vitamin C namun penggunaannya perlu di bawah pengawasan dokter bila Anda mengalami salah satu dari kasus berikut:

anemia
hiper-tiroid
liver
hipertensi/ darah tinggi
tingkat kekentalan darah tinggi
sedang mengkonsumsi obat pengencer darah
mengkonsumsi aspirin

TIPS PENTING:
Untuk lebih mengoptimalkan hasil yang dicapai, vitamin E dianjurkan untuk dikonsumsi bersama dengan pasangan Anda.

Baca ini juga: Tips Makanan Untuk Cepat Hamil

Bookmark and Share

0 komentar Link ke posting ini

Mens Tidak Teratur, Kapan Masa Suburnya?
24Mar2009 Diposkan oleh Fun Pregnancy Label: Kalkulator Masa Subur, Masa Subur, Menstruasi

Mens tidak teratur? Bingung menentukan masa subur?


Banyak wanita yang hingga kini masih merasa kesulitan untuk mengetahui dengan pasti perkiraan masa suburnya. Terutama untuk mereka yang siklus menstruasinya tidak jatuh di waktu yang sama tiap bulannya. Karena enggan dipusingkan dengan berbagai macam teori tentang perkiraan masa subur, banyak wanita yang justru akhirnya mengabaikan informasi penting ini. Hal yang sangat disayangkan, mengingat informasi ini merupakan salah satu cara penting untuk mempercepat dan meningkatkan potensi kehamilan.


Ingin menghitung masa subur dengan cara yang mudah?


Kalkulator masa subur ini akan membantu Anda untuk mengetahui perkiraan masa subur dengan satu kali klik.


Cara penggunaan:

Masukkan tanggal dan bulan dari hari pertama menstruasi yang terbaru. Jika ingat tanggal hari pertama ini selama 3 bulan berturut-turut akan lebih baik. Namun jika tidak, isi saja dengan tanggal menstruasi yang terakhir di kolom pertama.
Klik tombol calculate.
Hoplaa! 2 kolom di bawah adalah tanggal masa subur Anda. Kolom kiri bawah adalah tanggal hari pertama masa subur Anda bulan ini. Dan kolom di sebelah kanannya adalah tanggal berakhirnya masa subur. Jika Anda menginginkan kehamilan, maka usakanlah hubungan intim sesering mungkin di masa-masa ini.
Tambahan informasi untuk 2 kolom di tengah adalah perkiraan tanggal menstruasi bulan berikutnya, dan jumlah hari periode siklus menstruasi Anda

Contoh:

Hari pertama menstruasi Ayu adalah tanggal 12 Maret. Maka hasil kalkulator masa subur menunjukkan masa suburnya adalah tanggal 21 - 26 Maret. Untuk meningkatkan potensi kehamilan, maka Ayu mesti meningkatkan frekuensi hubungan intimnya di periode tanggal tersebut.

Jangan tunggu lama lagi. Klik di sini sekarang untuk menghitung masa subur Anda segera.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Bookmark and Share

0 komentar Link ke posting ini

Organ Reproduksi Wanita
22Mar2009 Diposkan oleh Fun Pregnancy Label: Pendukung Kehamilan, Reproduksi Wanita




Jika bicara mengenai kehamilan, atau cara untuk mendapatkan kehamilan, rasanya belum lengkap jika tidak mengikutsertakan informasi mengenai organ reproduksi, khususnya reproduksi wanita. Karena tanpa pengetahuan mengenai organ reproduksi ini, semua informasi yang didapat akan menjadi kurang efektif.


Pada organ reproduksi wanita, yang penampangnya seperti di atas, terdapat beberapa poin penting berikut:

VAGINA --> di sinilah sperma memulai perjalanannya untuk bertemu dengan sel telur
CERVIX --> leher rahim, berfungsi menghasilkan lendir yang mendukung jalan masuknya sperma
UTERUS --> rahim, tempat berkembangnya janin hasil pembuahan
ENDOMETRIUM --> dinding rahim, tempat embrio hasil pembuahan akan melekatkan diri
FALLOPIAN TUBE --> saluran sel telur, di tempat inilah sperma bertemu dengan sel telur
OVARY/OVARIUM --> indung telur, penghasil sel telur

Sebagaimana kita ketahui, ovarium sebagai penghasil sel telur akan memproduksi sel telurnya satu bulan sekali pada saat ovulasi/ masa subur. Dari ovarium, sel telur akan berjalan melalui fallopian tube. Di sini, sel telur akan menunggu datangnya sperma. Bila dalam masa hidupnya yang singkat 12-24 jam, sel telur tidak dibuahi, maka akan gugur dan terjadilah menstruasi.

Sebalikya bila terjadi pembuahan, maka akan terbentuk embrio (calon janin). Embrio ini selanjutnya akan berjalan menuju uterus/ rahim, dan kemudian melekatkan diri pada endometrium/ dinding rahim untuk berkembang menjadi janin.

INFO PENTING:
Untuk mendukung suksesnya pembuahan, maka hal yang perlu diperhatikan adalah:

Kesehatan ovarium, sebagai penghasil/ produksi sel telur
Saluran telur/ fallopian tube yang sehat dan terhindar dari penyumbatan, untuk mendukung dan memperlancar jalannya sperma
Kesehatan rongga rahim/ uterus dan dinding rahim/ endometrium nya, sehingga memungkinkan terjadinya perlekatan embrio (bagian inilah yang umumnya menjadi perhatian dokter kandungan pada saat usg, untuk memastikan tidak adanya perlekatan kista)
Sperma yang sehat dengan laju kecepatan memadai, sehingga dengan perjalanannya yang cukup panjang dan usianya yang juga tidak lama 2-3 hari, masih memungkinkan untuk bertemu dan membuahi sel telur



Rindu hadirnya sang buah hati? Berbagai cara sudah Anda lakukan namun belum membuahkan hasil? Info yang Anda peroleh selama ini kurang dapat diandalkan dan tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda..? Jika iya, Anda datang di tempat yang tepat. Info dan artikel terbaru cara-cara tepat dan teruji untuk mempercepat kedatangan sang buah hati, sengaja dipilih dan didedikasikan khusus untuk Anda dan pasangan. Have a fun n' great browsing :)
Apa Yang Terjadi Setelah Sperma Bertemu dengan Sel Telur?
powered by
Referensi Dokter untuk Cepat Hamil



dr. Iwan Dharmawan, SpOG (Tangerang)
dr. Jacoeb, SpOG (Jakarta)
dr. Prajitno Wibowo, SpOG (Surabaya)
dr. Tjien Ronny, SpOG (Jakarta)

Monitor Masa Subur - Maksimalkan Potensi Hamil Anda
ClearBlue Fertility Monitor Value Kit
RekomendasiKU
ISTILAH KEHAMILAN
MASA SUBUR : Rentang waktu +/- 2 hari sebelum, saat dan sesudah ovulasi. Berhubungan pada rentang waktu inilah yang memungkinkan terjadinya kehamilan

OVULASI : Waktu saat diproduksinya sel telur oleh indung telur. Umur sel telur sangat pendek 12-24 jam

INDUNG TELUR (Ovary) : Tempat diproduksinya sel telur

TUBA FALOPII : saluran yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Di tempat inilah sperma bertemu dengan sel telur

ENDOMETRIUM : dinding rahim, tempat melekatnya bakal janin/ embrio. Untuk kehamilan yang sehat, endometrium ini harus bersih dari kemungkinan melekatnya kista rahim


Hubungi
Punya tips atau pengalaman menarik seputar usaha Anda untuk hamil ? Jangan sungkan untuk membaginya dengan rekan pembaca yang lain dengan menghubungi di eliza99_99@yahoo.com

0 comments:

Post a Comment

Labels

100% manjur 1001 khasiat Agama Islam Akupunktur Alpukat Alzheimer anak dan balita Anemia Artikel Kesehatan Khusus Bayi Artikel Kesehatan Khusus Ibu Hamil Artikel Kesehatan Khusus Wanita Artikel Kesehatan Umum Asam Lambung asam urat Batu Ginjal Batuk Bronkitis Batuk Perokok bayi Bayi dan balita Berita Bersin-bersin Buah Bagi Wanita Dan Pria Cara Cepat Hamil Darah Rendah Darah Tinggi Demam Berdarah diabetes Diabetes dan Jantung Fakta Kesehatan Gangguan Pendengaran Gaya hidup Gizi Nutrisi Glaukoma Gondok Gonorhoe Gusi Bengkak Hidung Mimisan Hipnoterapi Ibu dan Anak Ilmu Kebidanan Ilmu Kedokteran Ilmu Keperawatan Info jenis2 Penyakit Info Kesehatan Info Kesehatan Ibu dan Anak Info Kesehatan Lainnya Info Khasiat Herbal dan Gizi Makanan info sehat Info Umum Insomnia Jahe Jantung Koroner Jaringan Hewan Jaringan Tumbuhan Kaki Pecah Pecah Kandung Kemih Lemah Kandungan/Khasiat kanker Kanker Darah Kanker Kelenjar Getah Bening Kanker Otak Kanker Paru-paru Kanker Payudara Kanker Prostat Kanker Rahim Kanker Usus Kasiat/Manfaat Kecanduan Alkohol Kecanduan Narkoba Kecantikan dan Produk Perawatan Kecil Berbahaya Kehidupan Keperawatan Maternitas Keperawatan Medikal Bedah Keropos Tulang kesehatan kesehatan anak Kesehatan Bayi Kesehatan Gigi dan Mulut kesehatan ibu Kesehatan Reproduksi Kesehatan Sex Kesehatan Wanita Kesuburan Sperma-Ovum Khasiat dan Manfaat Kisah kista konsep kebidanan Kumpulan Leaflet Kumpulan SAP Kurang Darah Kurang Tidur Lain Lain Lemah Syahwat macam penyakit Makanan Makanan dan Minuman Manfaat Buah dan Tanaman Bagi Kesehatan Manfaat Buah-buahan Manfaat dan Khasiat Bunga menyusui Migrain Migren Miom Mitos Mitos Impotensi Nama Bayi Nutrisi Bumil obat Obat Herbal olahraga opini Penyakit Penyakit Baru Akibat Teknologi penyakit jantung Penyakit Liver Perawatan Kulit Wanita Pertumbuhan Tanaman Pertumbuhan Tulang Perut Kembung Pikun Pola Hidup Unik Sehat Prostat Radang Paru Radang Tenggorokan Rambut Rambut Rontok Rambut Uban rematik Resep Sariawan Sejuta Tips Sembelit Sering Mengantuk Sinusitis Siphilis Sistem Gerak sperma stroke Susah Konsentrasi Susah Tidur Tanaman Herbal Dan Khasiatnya Tbc Teh Hijau Terapi dan Penyakit Terapi Kesehatan Thalasemia Tips Tips Cepat Hamil Tips Hamil Tips kecantikan Tips sehat Tips Sehat Alami Tips-tips Tomat tumor Umum Usus Lemah Usus Luka Varises Wanita Wanita Dan Jenis Penyakitnya Wanita Dan Masalahnya Wasir