Informasi kehamilan, Kesehatan Ibu dan Anak

Apr 22, 2012

Google.com
Ayah dan bunda sekalian,
dunia ini semakin lama, semakin bertambah jumlah penduduknya. dari yang dulu cuma ada jutaan orang, sekarang sudah mencapai sekian miliar. mengingat kondisi seperti ini, maka digalakkan untuk "mengetatkan" pertumbuhan jumlah penduduk dengan berbagai macam cara. dari yang masih manusiawi (seperti KB) sampai dengan yang ekstrim (Genoksida). tapi yang akan dibahas disini adalah cara-cara yang manusiawi yaitu mengenai Keluarga Berencana (KB). berikut kami sarikan dari beberapa sumber, beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang KB ini. semoga bermanfaat.

1) ZAT-ZAT APA YANG TERDAPAT DALAM PIL DAN BAGAIMANA BEKERJANYA?

Pada kebanyakan jenis pil terdapat dua hormon wanita buatan, oestrogen dan progestagen (atau progesteron). Dalam pil mini dan pil suntik hanya mengandung hormon progestagen. Sedang dalam pil darurat (morning after pill) hanya semata-mata hormon oestrogen. Baik oestrogen maupun progestagen pada keadaannormal terdapat juga pada wanita, itu dibuat terutama di kedua indung telur. Banyaknya berbeda-beda tergantung dari saat-saat siklus haid. Pembentuka progesteron pada setengah tahun kedua siklus haid misalnya, jauh lebih banyak dibanding dengan setengah tahun pertama. Jika jumlahpembentukan hormon ternyata diatas nilai tertentu, maka menjadi matang dan terlepasnya sel-sel telur di indung telur menjadi terhalang. Initerjadi melalui mekanisme yang rumit dimana hipofise (embelan otak) memainkan peranan penting.

Dalam keadaan biasa jumlah oestrogen dan progeteron tidak pernah naik sampai diatas nilai dimana seluruh mekanisme mulai bekerja. Ini terjadi selama kehamilan. Selama janin berkembang di dalam rahim, tidak ada telur baru yang dapat lepas. Jadi pembuahan baru selama kehamilan tidak akan pernah terjadi.

Dengan begitu situasi yang terjadi secara alamiah selama kehamilan dapat ditiru secara buatan. Jadi pil itu menghalangi dengan cara tepat supaya tidak ada telur yang dapat matang dan lepas. Kecuali menghalangi kematangan telur, hormon juga menjaga agar mulut rahim ”terkunci”, agar sel-sel benih tidak dapat masuk rahim. Progestagen yang terutama menjalankan tugas ini. Jika toh sebutir telur lepas, tidak akan terjadi pembuahan karena tidak ada sel benih yang dapat mencapai telur.

Dalam praktek cara ini dengan menggunakan pil mini. Pil ini hanya berisi progestagen semata-mata. Juga demikian pada pil suntik. Hanya takaran progestagen disini lebih tinggi, sehingga matang dan terlepasnya sel-sel telur juga tercegah. Keistimewaan oestrogen ialah, bahwa hormon ini dapat mempercepat perjalanan sel telur yang terlepas dari indung telur melalui saluran telur ke rahim. Perjalanan dapat sedemikian cepatnya sehingga tidak memungkinkan pembuahan sel telur, atau tidak terjadi penanaman sel telur yang telah dibuahi di dinding rahim. Yang terakhir inidisebabkan rahim seolah-olah tidak sempat ’menyiapkan tempat bagi sel telur yang telah dibuahi itu’.

Bekerjanya morning after pill yang hanya berisi oestrogen, hampir sama dengan itu. Semua jenis pil lainnya berisi baik oestrogen maupun progestagen. Jadi pil-pil itu menghalangi secara sempurna agar tidak ada sel telur lepas dan karena itulah mereka paling dapat dipercaya.

2) JENIS PIL APA SAJA YANG ADA?

Dinegara kita diperdagangkan bermacam-macam nama pil KB. Setiap pabrik memproduksi dan memberi nama sendiri. Tetapi sebetulnya jenis pil ini tidak banyak, antara lain:

a) Pil Kombinasi.
Jenis pil ini yang paling banyak dipakai dan paling dipercaya. Didalam jenis ini terdapat oestrogen dan progestagen. Jumlah dan imbangan masing-masing dapat agak berbeda. Pil yang dosisnya agak tinggi hanya dipakai pada hal-hal yang luar biasa. Dosis normal yang paling banyak digunakan, meskipun akhir-akhir ini makin banyak diberikan pil kombinasi yang dosisnya rendah. Karena dalam pemakaian jangka panjang paling sedikit menimbulkan akibat sampingan. Pil dosis rendah yang dinakaman ’pil midi’ atau ’pil sub-50’. Jenis istimewa dari pil kombinasi dosis normal adalah ’pil step-up’. Kekhususannya adalah bahwa dalam 11 pil yang pertama dari satu kemasan agak kurang progestagennya dari pada dalam 10 pil yang terakhir.

b) Pil dua tahap (pil normafasis).
7 tablet yang pertama dari pil-pil ini berisi hanya hormon oestrogen, dalam 15 tablet berikutnya terdapat baik hormon oestrogen maupun progestagen. Pembagian hormon ini akan lebih cocok dengan imbangan hormon normal dalam badan (jadi seperti apa adanya seperti tidak minum pil). Kemungkinan akibat sampingan dengan demikian kurang. Pil ini biasanya mempunyai dosis normal, hanya agak kurang terpercaya daripada pil kombinasi.

3) SIAPA PENEMUNYA ?

Bapak pil ini adalah profesor Amerika, Grigory Pincus. Ketika menyelidiki pengobatan dengan hormon dia menemukan daya kerja anti konsepsi hormon-hormon itu secara kebetulan. Penyelidikan yang pertama dengan pil hormon dimulai sejak 1935. Setahun kemudian telah berhasil untuk membuat tidak subur kelinci dengan hormon. Tetapi penyelidikanitu segera terlupakan lagi. Baru permulaantahun lima puluhan, ketika timbul gagasan tentang peledakan penduduk yang mengancam, Pincus melanjutkan pengembanganide-idenya. Sejak tahun 1954 telah tercatat hasil-hasil baik dari para sukarelawan.

4 tahun kemudian berhasillah percobaan besar pertama Pincus di Puerto Rico. Pada tahun 1960 pil itu telah demikian sempurna sehingga di Amerika Serikat dinyatakan boleh dipakai umum. Di negara Belanda pada tahun 1961 pengusaha pabrik Organon mulai dengan pil yang pertama, Lyndiol. Karena pada waktu itu masih perlu hati-hati sekali dalam menangani segala yangada hubunganya dengan pengaturan kelahiran, pengusaha itu hanya berani menawarkan pil itu dalam penerbitan-penerbitan kesehatan sebagai obat melawan segala gangguan haid. Sebagai gejala samingan dicantumkan, bahwa selama pengobatan tidak akan terjadi kehamilan.

4) APAKAH PIL YANG SEKARANG MASIH SAMA SEPERTI YANG DULU?

Tidak ada perubahan besar-besaran dalam kombinasi pil KB yang dibuat pada tahun-tahun terakhir, yang ada hanya perbaikan. Beberapa hormon buatan yang pada waktu itu terdapat dalam pil sekarang tidak dipakai lagi. Jadi akibat sampingan yang mungkin timbul dapat dikurangi. Juga jumlah hormon dalam pil terus menerus dikurangi. Perubahan ini dapat dilakukan setelah diperoleh kepastian bahwa pengurangan hormon teteap menjamin pil itu.

Keuntungannya ialah akibat sampingan dapat dibatasi lebih jauh lagi. Pengaruh merugikan yang dapat timbul dalam jangka panjang menjadi lebih kecil. Jenis pil yang dulu dikenal sebagai pil bertahap, satu-satunya pil yang tidak boleh diperdagangkan lagi. Ini disebabkan karena pemakaian jangka panjang pil sekwensi ini memberi kemungkinan lebih besar terjadi kanker di rahim.

5) APAKAH PIL ITU TELAH DIUJI CUKUP BAIK?

Di antara semua obat-obatan yang terdapat di dunia pil KB tidak saja yang paling banyak dipakai tetapi juga yang paling baik diujinya. Penyelidikan yang paling teliti memang harus diadakan karena memang pil ini sesungguhnya bukan merupakan obat penyembuhan. Pada obat biasa akibat-akibat sampingan tertentu kadang-kadang harus diterima sebagai imbuhan. Pada pil KB hal ini tidak boleh terjadi, karena orang yang memakainya adalah wanita yang benar-benar sehat. Ini tidak menjadi alasan, untuk menghentikan penyelidikan yang masih terus dilakukan. Ini terjadi di seluruh dunia. Jadi penelitian antara lain ditujukan untuk mendapatkan pil yang lebih baik lagi dengan akibat sampingan yang lebih sedikit. Para ahli bekerja dengan intensif dengan menyelidiki pengaruh yang mungkin timbul atas pemakaian pil dalam jangka panjang.

Meskipun demikian kadang tampak seolah-olah beberapa penyakit lebih sering terjangkit pada pemakaian-pemakaian pil dibandinh dengan bukan pemakainya. Kalau pemakain pil cukup teratur pergi ke dokter untuk kontrol, ada kemungkinan bahwa penyakit yang mungkin ada pada mereka lebih cepat ditemukan daripada wanita-wanita lain. Nyata bahwa beberapa keluhan memang sungguh-sungguh dapat disebabkan oleh pil itu.

6) MENGAPA KADANG-KADANG ADA MEREK PIL YANG DILARANG DIPERDAGANGKAN?

Ada beberapa nama pil menghilang dari pasaran karena pil-pil itu menjadi tidak lagi diperlukan. Dulu orang mengira bahwa pil harus berisi banyak hormon agar menjadi pil yang dapat diandalkan. Tetapi penyelidikan telah mengajarkan bahwa ini semua tidak perlu. Karena itu pil berhormon banyak, dengan majunya ilmu pengetahuan banyak diganti, diberi nama baru dengan hormon sedikit.

7) APAKAH PIL KB JUGA DIBERIKAN UNTUK KASUS-KASUS LAIN YANG BUKAN ANTI-KONSEPSI?

Ya, kadang-kadang terjadi, pil itu dapat diberikan dalam kasus-kasus tertentu pada haid, kurang darah akibat haid yang parah dan kadang-kadang pada keluhan di hari-hari menjelang haid, seperti mudah tersinggung, rasa gembung dan sakit di dalam payudara. Kadang pil diberikan agar haid yang tidak teratur menjadi teratur lagi..Namun ini bukan selalu pemecahan yang paling baik. Kebanyakan bahkan tidak boleh dipakai jika wanita itu sebentar lagi ingin hamil.

8) SAMPAI DIMANA PIL ITU DAPAT DIANDALKAN?

Disamping sterilisasi, pil kombinasi merupakan metode yang paling dapat diandalkan untuk mengatur kelahiran. Kalau pil diminum tepat menurut aturan, maka hampir seratus persen dapat diandalkan. Jika dinyatakan dengan angka dari seratus ribu wanita yang minum pil selama setahun hanya dua wanita yang hamil. Pil suntik dan pil mini tidak begitu dapat diandalkan bila dibanding dengan pil kombinasi. Tetapi dibanding dengan pil anti konsepsi lainnya boleh dikatakan dapat diandalkan. Pada pil suntik, empat dari seribu wanita setelah setahun tidak menjadi hamil; pada pil mini delapan. Tetapi dalam kenyataan agak sering juga terjadi ”satu kecelakaan kecil”. Ini antara lain berhubungan dengan fakta bahwa pil itu hilang fungsinya kalau tidak diminum secara teliti setiap hari. Pada pil mini harus ditepati juga waktunya dalam sehari itu. Juga akibat muntah dan diare fungsinya berkurang. Bagi pil suntik resiko ini dengan sendirinya tidak berlaku.

9) SIAPA YANG TIDAK BOLEH MINUM PIL?

Pemakaian pil ini dapat merugikan kesehatan bagi 2 kelompo wanita. Kelompok pertama, tidak boleh minum pil sama sekali, yang kedua boleh minum pil bila perlu saja dengan kontrol teratur sekali oleh dokter umum atau spesialis. Dalam grup pertama yang tidak cocok menggunakan pil sebagai pencegah termasuk:

  • Gadis yang masih belum mempunyai siklus haid yang teratur.
  • Wanita yang pernah mempunyai trombose atau emboli.
  • Wanita yang (diperkirakan) hamil.
  • Wanita yang mempunyai kelainan atau sakit seperti: radang pembulu darah, beberapa penyakit hati, sakit kuning, kehilangan darah yang tidak teratur dari saluran yang sebabnya tidak jelas, beberapa pembengkakan pad payudara atau rahim, bentuk-benuk tertentu dari kurang darah atau kadar lemak dalam darah terlalu tinggi.
Pada kelompok kedua yang sering tidak boleh minum pil atau ada kalanya boleh tetapi dengan syarat, terhitung wanita-wanita yang pernah terganggu atau menderita: Epilepsi (ayan), asma, sakit hati atau ginjal, diabetes (sakit gula), tekanan darah tinggi, siklus haid yang tidak tertaur atau sakit kuning karena hamil. Dalam kasus-kasus ini sebelumnya harus minta nasehat dokter ahli.

10) APA PENGGANTI YANG BAIK, JIKA ANDA TIDAK BOLEH MINUM PIL?

Jika wanita tidak mau, tidak dapat atau tidak boleh minum pil, ia dapatmemilih salah satu dari berbagai metode yang paling dapat dipercaya dari pengaturan kelahiran. Metode-metode itu adalah :

• Spiral
Keamanannya hanya kurang sedikt dari pil. Juga bagi wanita yang belum pernah mempunyai anak, spiral cocok dipakai. Jenis yang moder hampir tidak ada keluhan.

• Disterilkan
Tindakan pasti ini makin banyak diambil dan dapat dilakukan baik pada pria maupun pada wanita. Keamanannya seratus persen, karena sterilisasi berarti membuat tidak subur. Siapa yang telah mengambil keputusan itu harus tahu bahwa ia tidak dapat lagi melahirkan anak.

• Pessarium dengan kombinasi obat pembunuh benih.
Metode ini belum tentu sesuai untuk setiap wanita. Latihan dan kemahiran tertentu diperlukan untuk itu. Pessarium, adalah suatu tutup yang harus diukur oleh dokter. Jauh sebelum bersenggama barang itu harus dipasang di saluran sebelum mulut rahim. Hanya dengan pemasangan yang betul baru dapat diandalkan, tetapi masih lebih aman kalau memakai spiral.

• Kondom kombinasi dengan obat pembunuh benih.
Hanya satu kombinasi memberi perlindungan yang layak. Obat pembunuh benih saja kurang memberi kepastian. Kondom saja juga tidak selalu aman. Karena pada waktu memakainya sering ada saja ang salah. Tidak semua kondom dapat dipercaya.

• Pil Suntik
Bagi sejumlah wanita yang karena alasan apa saja, tidak boleh minum pil, cara ini adakalanya cocok. Hanya dokter yang dapat memastikannya.

11) DAPATKAH PIL ITU DIPEROLEH TANPA RESEP DOKTER?

Tidak! Pil hanya diberikan dengan resep dokter. Setiap dokter dapat memberi resep itu, tetapi dalam kenyataan, yang memberi resep adalah dokter kebidanan atau dokter ahli kandungan. Ada berbagai alasan mengapa pil hanya dapat diperoleh pada dokter. Karena dengan demikian seorang dokter dapat mempertimbangkan sebaik-baiknya bagi siapa pil itu cocok dan bagi siapa tidak. Dalam pertimbangannya dia tidak hanya memperhatikan penyakit-penyakit tertentu di masa yang lalu etapi juga keadaan kesehatan wanita itu sekarang.

Bagi seorang awam tidak sederhana untuk menentukanjenis mana yang paling cocok untuk wanita tertentu. Seorang dokter mengetahui hal ini lebih baik. Dia juga mengerti apakah keluhan tertentu ada hubungannya dengan pil atau tidak. Pil itu harus dianggap sebagai obat. Pengawasan terhadap akibat sampingan dari pil itu sangat perlu. Ini pekerjaan seorang dokter.

12) BERAPA KALI ANDA HARUS KE DOKTER UNTUK KONTROL PIL DAN APA YANG DIPERIKSA?

Kebanyakan dokter memeriksa wanita pada setengah tahun pertama, ketika mereka memakai pil, seluruhnya tiga kali. Sesudah pemeriksaan yang pertama, dua kontrol berikutnya diadakan masing-masing tiap tiga bulan. Sesudah itu kontrol selanjutnya hanya perlu sekali dalam enam bulan. Namun ada pula dokter yang jarang atau tidak pernah memeriksa pemakai-pemakai pil. Mereka berbuat demikian karena menggampangkan saja. Sedangkan kontrol yang teratur tetap perlu. Pemakai pil yang hampir tidak pernah atau hanya sepintas lalu diperiksa, sebaiknya minta untuk dilakukan pemeriksaan yang sungguh-sungguh. Kalau hal ini belum juga diadakan atau sepintas lalu, sebaiknya mereka mencari dokter lain saja.

Pada waktu melakukan kontrol, seorang dokter yang baik tidak hanya menanyakan keluhan-keluhan tetapi juga menanyakan jalannya haid. Misalnya penting untuk mengetahui apakah kotoran selalu datang pada waktunya atau sama sekali menghilang (pada pemakai pil suntik) dan apakah pada waktu diantaranya juga terjadi kehilangan darah. Selanjutnya dokter ingin mengetahui kemungkinan dipakainya obat-obat lain. Pada kontrol perlu pemeriksaan badan secara sederhana dan singkat. Pengukuran berat badan dan tekanan darah selalu diperlukan seperti juga pemeriksaan payudara danpemeriksaan dalam. Dalam pemeriksaan perlu juga kaki diperhatikan (gangguan cairan atau pembesaran pembuluh darah) dan diperhatikan kemungkinan perubahan warna kulit misalnya pada wajah. Penting juga pemeriksaan air seni.

Pemeriksaan cairan dari mulut rahim tidak termasuk dalam kontrol pil yang normal. Untuk itu anda harus meminta pemeriksaan tersendiri, atau dokter tanpa diminta menganggap perlu untuk memeriksanya. Pada umumnya semua wanita pada usia dua puluh lima dan lima puluh lima tahun dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan cairan mulut rahim sekali dalam dua tahun.

13) BOLEHKAN DOKTER MENGATAKAN PADA ORANG TUA ANDA BAHWA ANDA MENGGUNAKAN PIL ITU?

Tidak, sesungguhnya dia tidak boleh berbuat demikian. Seorang dokter harus merahasiakan keadaan pasiennya sesuai dengan sumpah jabatannya. Itu berlaku juga bagi pasien yang masih dibawah umur. Namun demikian dapat juga terjadi, tanpa disengaja dia mengatakan pada orang tua anda. Apalagi kalau dia tidak tahu bahwa hal itu harus tetap dirahasiakan. Mengenai hal terakhir ini sebaiknya anda menjelaskan kepadanya.

Masih ada hal yang harus anda perhatikan. Jika orang tua anda dan anda mempunyai dokter keluarga, katakan anda tidak ingin hal itu diketahui oleh mereka. Demikian juga rekening apotik. Semua pembayaran dapat diselesaikan secara terpisah.

14) KALAU TIDAK MINTA PADA DOKTER UMUM ANDA, DIMANA PIL ITU DAPAT DIPEROLEH?

Kecuali pada dokter umum, masih dapat memperolehnya di tempat lain. Misalnya dapat diperoleh dari setiap dokter wanita. Dapat juga anda meminta pil pada biro konsultasi untuk keluarga berencana atau BKIA setempat. Juga untuk menanyakan soal-soal keluhan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan itu, anda akan dlayani. Biro konsultasi terdapat di banyak tempat. Di setiap kecamatan ada klinik KB dan BKIA.

15) PADA UMUR BERAPA ANDA BOLEH MULAI MINUM PIL?

Peraturannya ialah, seorang gadis boleh minum pil bila ia paling sedikit selama setahun sudah haid secara teratur. Untuk ini tidak ada umur yang pasti. Kebanyakan gadis mendapatkan haid yang pertama ketika mereka berumur antara sebelas dan enam belas tahun. Penyimpangan umur ini biasa. Berapa lamanya sesudah haid pertama sampai haid paling sedikit setahun menjadi teratur, tidak dapat diramalkan. Dianjurkan untuk tidak minul pil sebelum itu. Jika haid masih tidak teratur, maka nantinya dapat timbul kesulitan dengan kesuburannya. Sering ini dapat diperbaiki lagi dengan obat-obatan tetapi ada juga yang tidak dapat. Juga soalnya pil hormon antara lain mengerem pertumbuhan memanjang tulang-tulang. Gadis yang masih harus tumbuh, karena itu lebih baik tidak boleh minum pil. Bila haid sudah teratur, keberatan ini sudah banyak berkurang. Ini disebabkan karena pertumbuhan tinggi badan ketika itu sudah banyak yang terhenti.

16) KALAU ANDA BELUM PERNAH MELAKUKAN SENGGAMA, BOLEHKAN ANDA MINUL PIL?

Tidak ada artinya anda minum pil bila anda belum pernah melakukan senggama dan tidak akan melakukannya dalam waktu dekat. Bagi seorang dokter juga akan sulit memberikan pil jika pemeriksaan dalam tidak dapat dilakukan. Pemeriksaan ini memang sudah merupakan bagian penting dari seluruh kontrol pil. Sekali waktu dokter akan bersedia memberikan pil untuk tiga bulan tanpa sempat untuk melakukanpemeriksaan dalam. Sesudah tiga bulan harus dilakukan pemeriksaan dalam. Kalau ini masih juga belum bisa dilakukan, maka dokter akan menganggap tidak bertanggung jawab untuk memberikan pil untuk selanjutnya. Dalam kasus-kasus tertentu pada beberapa wanita dapat dilakukanpemeriksaan dalam, meskipun ia belum pernah melakukan senggama. Adalah dongengan, kalau anda ”oleh yang pertama kali” tidak dapat hamil. Dapat saja, dan jika anda tidak mau, anda harus mengusahakan pencegahan yang baik. Kalau tidak dapat memakai pil, ambillah kondom dikombinasi dengan obat pembunuh benih.

17) BERAPA LAMA ANDA DAPAT MENYIMPAN PIL ITU TANPA KEHILANGAN DAYA KERJANYA?

Sebagai obat pencegahan, pil itu pasti tetap terpercaya sepenuhnya selama tiga tahun. Syaratnya pil harus disimpan di tempat yang kering di dalam rumah, jadi tidak di lemari kecil di kamar mandi. Ini berlaku pada semua obat pada umumnya.

18) APAKAH BERAKIBAT BURUK APABILA PIL TERMAKAN OLEH SEORAG ANAK?

Tidak terlalu jelek bila pil termakan oleh seorang anak, kalau ia hanya makan beberapa pil. Bahkan jika anak menelan seluruh seri pil itu tidak terlalu membahayakan. Memang anak bisa menjadi mual dan bahkan mungkin akan muntah. Kadang-kadang pada anak perempuan maupun anak laki-laki akan bengkak sedikit buah dadanya dan pada anak perempuan akan timbul pendarahan kecil seperti haid. Ini tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya. Untuk pencegahan, penting sekali menganggap pil sebagai obat, demikian juga cara menyimpannya. Jadi jangan sekali-kali menyimpan pil di tempat yang bisa dicapai anak. Dan kalau pil itu termakan, seperti juga kalau termakan obat yang salah, segera minta pertimbangan dokter.

19) BURUKKAH PENGARUH PIL TERHADAP KEADAAN SEKELILING?

Pemakaian pil tidak merugikan bagi keadaan sekeliling. Dulu orang pernah mengira karena hormon-hormon pil yang masuk ke sungai, ke tanah dan ke laut melalui air seni. Binatang-binatang tanpa dikehendaki ”meminum” sisa pil dan karena itu terganggu kesuburannya. Ternyata ini tidak benar. Memang benar bahwa sebagian dari hormon-hormon pil masuk lingkungan kehidupan kita. Tetapi yang masuk dengan cara demikian jumlahnya jauh lebih kecil dari pada jika kita tidak minum pil. Berkat pil, tidak terjadi ovulasi (terlepasnya telur), Oleh sebab itu hormon yang dibuat indung telur lebih sedikit daripada jika kita tidak minum pil. Selama kehamilan kadar hormon dalam air seni tinggi sekali. Kadar oestrogen menjadi delapan kali dan progesteron bahkan kurang lebih tiga ratus kali lebih tinggi dari pada kadar normal. Karena itu orang-orang yang dengan alasan menyelamatkan lingkungan, menentang pil, pendapatnya tidak benar.

20) APAKAH PIL MEMPUNYAI PENGARUH ATAS PEMERIKSAAN DARAH DAN AIR SENI DI LABORATURIUM?

Minum pil memang dapat mengakibatkan perubahan-perubahan dalam beberapa hasil pemeriksaan laboraturium atas darah dan air seni. Misalnya ini terjadi dalam pemeriksaan tertentu pada darah mengenai kadar gula, kadar lemak, dankadar besi serta pada beberapa percobaan darah atas bekerjanya kelenjar pelindung dan hati. Oleh sebab itu dalam keadaan demikian penting sekali untuk memberitahukan bahwa anda minum pil. Selanjutnya hal itu akan dimasukkan dalam pertimbangan hasil pemeriksaan itu.

<< Continue >>

0 comments:

Post a Comment

Labels

100% manjur 1001 khasiat Agama Islam Akupunktur Alpukat Alzheimer anak dan balita Anemia Artikel Kesehatan Khusus Bayi Artikel Kesehatan Khusus Ibu Hamil Artikel Kesehatan Khusus Wanita Artikel Kesehatan Umum Asam Lambung asam urat Batu Ginjal Batuk Bronkitis Batuk Perokok bayi Bayi dan balita Berita Bersin-bersin Buah Bagi Wanita Dan Pria Cara Cepat Hamil Darah Rendah Darah Tinggi Demam Berdarah diabetes Diabetes dan Jantung Fakta Kesehatan Gangguan Pendengaran Gaya hidup Gizi Nutrisi Glaukoma Gondok Gonorhoe Gusi Bengkak Hidung Mimisan Hipnoterapi Ibu dan Anak Ilmu Kebidanan Ilmu Kedokteran Ilmu Keperawatan Info jenis2 Penyakit Info Kesehatan Info Kesehatan Ibu dan Anak Info Kesehatan Lainnya Info Khasiat Herbal dan Gizi Makanan info sehat Info Umum Insomnia Jahe Jantung Koroner Jaringan Hewan Jaringan Tumbuhan Kaki Pecah Pecah Kandung Kemih Lemah Kandungan/Khasiat kanker Kanker Darah Kanker Kelenjar Getah Bening Kanker Otak Kanker Paru-paru Kanker Payudara Kanker Prostat Kanker Rahim Kanker Usus Kasiat/Manfaat Kecanduan Alkohol Kecanduan Narkoba Kecantikan dan Produk Perawatan Kecil Berbahaya Kehidupan Keperawatan Maternitas Keperawatan Medikal Bedah Keropos Tulang kesehatan kesehatan anak Kesehatan Bayi Kesehatan Gigi dan Mulut kesehatan ibu Kesehatan Reproduksi Kesehatan Sex Kesehatan Wanita Kesuburan Sperma-Ovum Khasiat dan Manfaat Kisah kista konsep kebidanan Kumpulan Leaflet Kumpulan SAP Kurang Darah Kurang Tidur Lain Lain Lemah Syahwat macam penyakit Makanan Makanan dan Minuman Manfaat Buah dan Tanaman Bagi Kesehatan Manfaat Buah-buahan Manfaat dan Khasiat Bunga menyusui Migrain Migren Miom Mitos Mitos Impotensi Nama Bayi Nutrisi Bumil obat Obat Herbal olahraga opini Penyakit Penyakit Baru Akibat Teknologi penyakit jantung Penyakit Liver Perawatan Kulit Wanita Pertumbuhan Tanaman Pertumbuhan Tulang Perut Kembung Pikun Pola Hidup Unik Sehat Prostat Radang Paru Radang Tenggorokan Rambut Rambut Rontok Rambut Uban rematik Resep Sariawan Sejuta Tips Sembelit Sering Mengantuk Sinusitis Siphilis Sistem Gerak sperma stroke Susah Konsentrasi Susah Tidur Tanaman Herbal Dan Khasiatnya Tbc Teh Hijau Terapi dan Penyakit Terapi Kesehatan Thalasemia Tips Tips Cepat Hamil Tips Hamil Tips kecantikan Tips sehat Tips Sehat Alami Tips-tips Tomat tumor Umum Usus Lemah Usus Luka Varises Wanita Wanita Dan Jenis Penyakitnya Wanita Dan Masalahnya Wasir