Informasi kehamilan, Kesehatan Ibu dan Anak

Mar 3, 2013

Belajar Pijat Refleksi sebagai Obat Alternatif


Pijat refleksi cara mudah dan murah untuk merawat tubuh dan  sebagai obat alternatif untuk mengobati penyakit. Dengan belajar sedikit saja, setiap orang bisa melakukan pengobatan sendiri terhadap tubuhnya.

Ketika badan lelah, letih dan lesu, cara menghilangkannya paling mudah ialah dengan dipijat. Pemijatan dapat merenggangkan otot-otot badan yang kelelahan akibat aktivitas seharian. Selain murah dan menyehatkan, pijat – memijat mempunyai banyak fungsi, dapat pula menghilangkan stress hingga pengobatan alternatif bagi penderita penyakit.


Pernahkah Anda berjalan dengan kaki telanjang di atas hamparan batu kecil berbentuk bulat lonjong?
Ingatkah bagaimana rasanya?
Jika melakukan itu, setiap orang mungkin akan merasakan hal yang sama, yaitu rasa segar ketika bebatuan menekan-nekan telapak kaki. Perasaan rileks dan segar pun langsung menyeruak ke sekujur tubuh.
Bagaimana ini bisa terjadi?

Seperti dikatakan pakar pengobatan tradisional Prof Hembing Wijayakusuma, tekanan batu pada telapak kaki memberikan rangsangan bioelektrik pada organ tubuh yang berhubungan dengan titik syaraf telapak kaki. ”Rangsangan bioelektrik memperlancar aliran darah sehingga tubuh menjadi segar.”



Walau berkhasiat, namun bertelanjang kaki di atas hamparan bebatuan berkarakter tumpul tak selalu mudah dilakukan. Ini karena hamparan bebatuan seperti itu kadangkala sulit ditemui. Jika pun ada hamparan bebatuan, seringkali terselip satu dua buah batu berbentuk runcing yang dapat melukai kaki. Tapi Anda tak perlu khawatir. Mendapatkan rangsangan bioelektrik yang bermanfaat itu tak selalu harus dilakukan dengan bertelanjang kaki di atas hamparan bebatuan. Anda bisa memperoleh manfaat itu melalui terapi pijat refleksi kaki dengan menggunakan tangan.

Terapi pijat refleksi kaki dapat memberikan efek relaksasi yang serupa dengan ketika berjalan di atas bebatuan. Pemijatan pada telapak kaki akan memberikan rangsangan yang mampu memperlancar aliran darah dan cairan tubuh. Hasilnya, sirkulasi penyaluran nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh menjadi lancar tanpa ada hambatan sedikit pun. Lebih lanjut, sirkulasi aliran darah yang lancar itu akan memberikan efek relaksasi dan kesegaran pada seluruh anggota tubuh. ”Tubuh mengalami kondisi keseimbangan,”


Refleksi merupakan pemijatan yang menitik beratkan pada titik-titik saraf tubuh. Apabila dilakukan dengan benar, maka pijat ini dapat menyembuhkan hampir semua penyakit. Pijat refleksi juga mampu menghilangkan penyakit emosi seperti stress, depresi dan frustasi. Pijat refleksi termasuk terapi alternatif dalam pengobatan dengan melakukan pemijatan pada telapak kaki atau tangan.


Pijat refleksi mempunyai 2 metode, yaitu

  1. memijat daerah refleks memakai jari tangan
  2. memijat dengan menggunakan alat bantu berupa stick kecil untuk menekan zona refleksi. 

Metode memijat daerah refleks memakai jari tangan berasal dari Taiwan. Caranya,dengan menekan buku jari telunjuk yang ditekuk pada zona refleksi. Sedangkan metode memijat dengan alat bantu stick, diperkenalkan oleh Benjamin Gramm, anggota dari International Association of Natural Healing.

Hasilnya akan lebih efektif apabila dilakukan pemijatan pada kaki, karena telapak kaki lebih peka dibandingkan dengan tangan. Tangan yang banyak melakukan aktivitas, berkurang kepekaannya. ”Terlebih, terapi refleksi kaki ini bisa dilakukan sendiri,” kata Hembing.


Inti terapi pijat refleksi kaki, terletak pada pengaktifan refleks pada kaki yang berhubungan dengan bagian-bagian tubuh lainnya. Untuk diketahui, telapak kaki manusia memiliki titik-titik syaraf yang berhubungan dengan organ-organ tubuh lainnya. ”Nah, cara kerja terapi pijat refleksi kaki adalah memberikan rangsangan relaksasi pada bagian tubuh yang berhubungan dengan titik syaraf kaki yang dipijat.”

Karena itu, pemahaman tentang simpul-simpul syaraf pada telapak kaki sangatlah penting. Letak titik-titik syaraf pada kaki harus diketahui dengan baik dan benar. Misalnya, posisi syaraf kaki yang menghubungkan dahi kanan terletak pada ujung jari kaki kiri. Sementara titik syaraf kaki yang menghubungkan organ kandung kemih berada pada kedua telapak kaki bagian sisi dalam.

Setiap organ tubuh memiliki keterhubungan dengan titik-titik syaraf yang terdapat pada telapak kaki. Organ jantung, paru-paru, lambung, dan hati memiliki titik-titik syaraf tersendiri pada telapak kaki. Begitu pula dengan bagian-bagian tubuh lainnya. Terdapat 36 titik syaraf telapak kaki yang masing-masing menghubungkan anggota-anggota tubuh tertentu.

Selain pemahaman terhadap simpul-simpul syaraf pada telapak kaki, keberhasilan terapi pijat refleksi kaki juga ditentukan oleh teknik pemijatan. Ada berbagai macam cara memijat titik-titik syaraf telapak kaki. Penekanan bisa dilakukan dengan membengkokkan jari tengah dan telunjuk, sementara jari lainnya mengepal keras. Pada teknik ini, titik penekanan terdapat pada jari tengah dan sendi tengah jari telunjuk. Pemijatan juga bisa dilakukan dengan memusatkan titik tekan pada ibu jari.

Menurut teori refleksologi, titik-titik refleks pada telapak kaki berhubungan ke seluruh organ tubuh. Mulai dari ginjal, kantung kencing, hati, lambung, usus, limpa, pankreas, sampai jantung. Kaki kanan berhubungan dengan tubuh bagian kanan, dan kaki kiri dengan tubuh bagian kiri. Bagian atau titik yang berjumlah puluhan itu, tersusun membentuk suatu peta tubuh di kaki. Pemijatan melalui titik refleks inilah disebut pijat refleksi.

Ketika suatu titik dipijat dengan tangan atau alat bantu, terasa sakit, maka organ yang berhubungan dengan titik itu mengalami gangguan fungsi. Contohnya, fungsi ginjal seseorang tidak beres, maka telapak kaki atau tangan terasa nyeri ketika dipijat. Organ yang terganggu tersebut bukan berarti sakit, tetapi ada yang tidak beres. Setelah dipijat secara teratur – hingga tidak terasa nyeri, maka itu pertanda bahwa organ yang tidak beres tersebut telah pulih kembali.

Pemijatan kaki akan lebih baik dengan menggunakan kaos kaki atau lotion supaya kaki tidak lecet ketika dipijat. Umumnya efek pijat refleksi dirasakan setelah dipijat. Badan terasa lebih segar dan sehat. Efek ini sangat terasa ketika bangun dari tidur. Namun, efek dari pijat refleksi berbeda-beda pada tiap orang.

Cobalah pijat refleksi sebagai pengobatan alternatif. Lakukan pemijatan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Manfaat umum terapi pijat

  • melancarkan sirkulasi darah di dalam seluruh tubuh
  • menjaga kesehatan agar tetap prima
  • membantu mengurangi rasa sakit dan kelelahan
  • melancarkan produksi hormon endorfin yang berfungsi untuk rileksasi tubuh
  • mengurangi beban yang ditimbulkan akibat stress
  • kekuatan dan kelenturan pikiran, tubuh dan emosi bisa ditingkatkan
  • menyehatkan dan menyeimbangkan kerja organ-organ tubuh
  • menyingkirkan toksin atau racun
  • tidur bisa lebih berkualitas
  • rekturisasi tulang, otot dan organ dapat dibantu

langsung saja ya saya tak menjelaskan sejarah pijat Reflesi karna itu gak penting yang penting anda tau titiknya dan tau cara pijatnya utuk titik titik silahkan liat gambar di bawah ini.
titik syaraf untuk Pijat Refleksi pada Telapak Kaki Kanan
titik syaraf untuk Pijat Refleksi pada Telapak Kaki Kiri
titik syaraf untuk Pijat Refleksi pada Kaki bagian luar

titik syaraf untuk Pijat Refleksi pada Telapak Kaki bagian sisi atas

berikut ini titik - titik Refleksi yang lebih spesifik:


Caranya Melakukan Pijat Refleksi

penekanan titik syaraf telapak kaki dilakukan dengan menggunakan perut ibu jari, sementara keempat jari lainnya membentuk posisi 60 derajat. Dalam bukunya berjudul Terapi Pijat Refleksi Kaki, Hembing mengutarakan 12 teknik pemijatan syaraf telapak kaki yang bisa dipraktekkan oleh pembaca buku ini di rumah.

Pengetahuan tentang titik syaraf telapak kaki dan teknik pemijatan yang benar ternyata belum cukup dijadikan jaminan keberhasilan dalam melakukan terapi ini. Ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan. ”Kondisi ruang terapi harus diperhatikan”

Terapi ini sebaiknya dilakukan di ruang yang bersih, nyaman, tenang, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Kondisi tersebut dapat membantu pasien menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, waktu pemberian terapi juga harus diperhatikan yaitu sekitar 30 menit, dengan frekuensi 3-6 hari sekali untuk mencegah penyakit, dan 2-3 hari sekali untuk mengatasi gangguan penyakit. Kondisi telapak kaki pasien pun tidak dalam keadaan luka.

Harus pula diingat, terapi pijat refleksi kaki mesti dilakukan secara menyeluruh. 
Artinya, pemijatan tidak hanya pada satu titik syaraf telapak kaki tertentu saja. Proses penanganan kasus telinga berdenging misalnya, tidak hanya menekan titik syaraf kaki yang berhubungan dengan telinga. Pemijatan titik syaraf telapak kaki yang berhubungan dengan organ kepala, ginjal, dan kelenjar getah bening juga mesti dilakukan. ”Semua organ itu berkaitan dengan organ telinga”

Apakah terapi ini memiliki efek samping?
terapi Pijat Refleksi ini tidak memiliki efek samping selama dilakukan secara baik dan sesuai petunjuk. Langkah mudahnya adalah jika anda ingin melakukan pemijatan baiknya kaki kiri terlebih dahulu karna telapak kaki kiri satu satunya yang terdapat titik jantung.... dan hindari pemijatan pada kondisi kenyang / sehabis makan 3 jam sesudah makan baru boleh melakukan pemijatan....!

untuk Pijat refleksi, silahkan baca yang dibawah ini, sistim yang dirancang Prof. Barbara.

Silakan arahkan kursor ke gambar untuk membaca

Ada beberapa titik pijat kaki refleksi yang perlu kita ketahui sehingga pemijatan bisa dilakukan sendiri 


  1. Titik pijat refleksi kaki pada jari kaki, dimulai kelingking sampai ibu jari, hampir semuanya merefleksikan tubuh bagian kepala seperti mata, telinga, hidung, dan otak. 
  2. Titik pijat refleksi kaki di pinggir telapak kaki bagian dalam merefleksikan tubuh bagian leher, timus, tiroid, dan esophagus.
  3. Titik pijat refleksi kaki di bagian pinggir telapak kaki sebelah luar merefleksikan tubuh bagian paru-paru dan bahu. 
  4. Titik pijat refleksi kaki di bagian telapak kaki sebelah dalam merefleksikan hati, empedu, ginjal, pankreas, usus, saluran kencing, usus buntu, perut, dan tulang belakang. 
  5. Titik pijat refleksi kaki di bagian bawah tumit kaki merefleksikan tubuh bagian saraf, dubur, pinggul, dan organ reproduktif. 

Yang Perlu Dilakukan Sebelum Pemijatan 


Setelah mengetahui dengan tepat beberapa titik pijat refleksi kaki, kemungkinan hasilnya akan maksimal. Jangan lupa untuk membuat kaki rileks terlebih dahulu agar pemijatan lebih optimal dan seluruh peredaran darah yang tersumbat kembali normal. 

Rendam kaki dalam ember air hangat yang dibubuhi sedikit garam selama 10-15 menit untuk membuat otot kaki rileks dan mengendur. Setelah itu, baru lakukan pemijatan. Tepatnya ada sekitar 36 titik saraf telapak kaki yang masing-masing memiliki hubungan dengan anggota tubuh tertentu. 

Seorang pemijat diharapkan memahami simpul-simpul saraf yang terdapat di telapak kaki dengan teknik pemijatan yang tepat. Pemijatan bisa dilakukan dengan tangan atau alat tertentu. Bila menggunakan tangan, lakukan dengan membengkokkan jari tengah dan telunjuk, sementara jari lainnya mengepal keras untuk memberikan penekanan pada titik yang dituju 

Tempat Pemijatan 

 Terapi pijat refleksi kaki ini sebaiknya dilakukan di ruangan yang bersih, nyaman dan tenang, serta memiliki lubang pergantian udara yang memadai. Kondisi ruangan akan memberikan rasa tenang pada orang yang akan dipijat. Meskipun hanya kaki yang dirasa sakit, untuk hasil maksimal diharapkan melakukan pemijatan secara menyeluruh. Dengan begitu, tubuh akan semakin nyaman karena peredaran darah menjadi lancar tidak di satu titik tertentu saja. 

Efek Pijat Refleksi Kaki 

Akan tetapi, efek pemijatan ini tidak akan langsung terlihat sesaat setelah titik pijat refleksi kaki dilakukan. Hanya bila dilakukan dengan teknik tepat dengan frekuensi pemijatan yang cukup sering hasilnya akan terlihat oleh si sakit. 

Secara umum, tidak ada dampak negatif yang ditimbulkan pijat refleksi ini. Namun, bila pemijatan dilakukan tidak pada titik yang benar, akan muncul dampak yang tidak diinginkan, seperti pegal-pegal atau otot menjadi kaku 

Andaipun ada efek lain yang dirasakan adalah, timbulnya gatal-gatal di tubuh, kulit terkadang membiru, sedikit pusing dan air seni menjadi keruh. Ini bukanlah dampak yang berbahaya

Penyakit tersebut hanya reaksi sedikit dari hasil pijatan Lakukanlah pemijatan pada titik pijat refleksi kaki selama 30-60 menit dengan frekuensi seminggu sekali bila pemijatan dilakukan sebagai terapi pengobatan alternatif. 

Sekilas Sejarah Titik Pijak Refleksi 

Setelah mempelajari titik pijak refleksi kaki hingga efek kecil yang ditimbulnya, ada baiknya dikenalkan juga sejarah titik pijak refleksi. Sejatinya, titik pijak refleksi kaki sama hadirnya dengan titik pijak refleksi pada tangan. 

Titik pijak refleksi berasal dari negeri Cina. Di sana, titik pijak refleksi cukup populer sekali. Pasalnya, ia tidak menimbulkan efek samping yang  berbahaya. Berbeda dengan obat-obatan yang sudah bercampur dengan bahan kimiawi. Di indonesia, pijak refleksi hadir dalam jenis. Ada yang dilakukan dengan pemijatan terhadap titik pijak refleksi dengan menggunakan tangan. Ini kelihatannya memang hampir sama dengan pijat tradisional yang sudah memasyarakat di Indonesia. Bedanya, jika pijak tradisional hanya bergerak pada menghilangkan kelalahan atau pegal-pegal. Sedangkan pemijatan dengan cara titik pijak reflesi kaki maupun tangan berfungsi untuk memperlancar peredaran darah. Sehingga titik pijak refleksi bisa mengatasi beragam gangguan penyakit seperti sakit kepala, depresi, tekanan darah tinggi, maag dan sebagainya. 

Selain pemijatan titik pijak refleksi dilakukan dengan tangan, ada juga yang dilakukan dengan menggunakan alat. Yaitu, tongkat kecil. Tongkat kecil ini bisa dibeli Gramedia. Dengan menggunakan tongkat kecil ini Anda bisa dengan mandiri melakukan pemijatan pada titik pijak refleksi pada kaki sambil menontot televisi. 

Awal sejarahnya pemijatan pada titik pijak refleksi dengan tongkat ini dikenalkan oleh Benjamin Gramm. Dengan menggunakan tongkat, Anda bisa dengan sendirinya menentukan tekanan pada bagian yang sakit. Berbeda dengan pemijatan titik pijak refleksi yang dilakukan dengan tangan. Yang terkadang membutuhkan bantuan orang lain. Jika pemijatan pada titik refleksi dilakukan oleh orang lain terkadang kita malu untuk menyatakan sakit pada bagian yang dirasa sakit. 

Perlu diketahui, pemijatan pada titik pijak refleski kaki yang dilakukan dengan menggunakan tongkat sama dengann titik pijak yang dilakukan di atas batu-batu kecil. Hanya saja, jika pemijatan yang dilakukan dengan berjalan-jalan di atas batu-batu kecil dikhawaritkan terjadi luka jika terdapat batu kecil yang sedikit tajam. Jika pemijatan yang dilakukan dengan tongkat minus dengan luka. Apalagi tongkat yang digunakan tidak tajam. Ia memang mirip seperti ujung pulpen. Meski terkesan runcing tapi tidak tajam alias tumpul. 

Tips dalam Memijat Pada Titik Refleksi 


  1. Dalam melakukan pemijatan pada titik pijat refleksi kaki terkadang harus dilakukan dengan pemijatan agak keras dan terkadang perlu dilakukan dengan lembut. 
  2. Untuk penderita penyakit kencing manis, lever, jantung dan kanker, jangan dilakukan pemijatan dengan terlalu keras.
  3. Untuk penyakit-penyakit tersebut boleh dilakukan pemijatan hingga lebih dari 2 menit Jangan pernah melakukan pemijatan setelah makan, dikhawatirkan menimbulkan mual. Lakukanlah pemijatan pada titik refleksi sekitar 1 jam setelah makan
  4. Jangan keras-keras melakukan pijat refleksi pada daerah titik refleksi kelenjar. Tujuannya untuk menjaga agar tidak timbul reaksi lain yang berbahaya jika dilakukan pemijatan pada titik refleksi dengan menggunakan tangan, setelah melakukan pemijatan jangan langsung cuci tangan.
  5. Hal ini dianjurkan untuk menjaga kesahatan Anda sendiri bila sudah selesai melakukan pemijatan, minumlah air putih sekitar 2-3 gelas atau sekitar 500 cc. Hal ini sangat membantu, untuk memudahkan membuang kotoran di dalam tubuh.
  6. Khusus bagi penderita penyakit ginjal, jangan minum air putih setelah melakukan pijat refleksi lebih dari 150 cc. 

Sekilas Teknik Memijat 

Setelah mengetahui tips dalam memijat, kini saatnya mempelajari sedikit teknit memijat pada titik refleksi. 

  1. Menekan, Agar berhasil dalam melakukan pijatan titik refleksi dengan teknik menenakan harus dilakukan dengan fokus dan pusatkan kekuatan Anda dalam melakukannya. 
  2. Memenyet, Jika terdapat benjolan pada daerah titik refleski yang dilakukan pemijatan, maka yang mesti dilakukan adalah dengan memenyetnya. Tujuannya adalah, agar sirkulasi darah dapat kembali lancar 
  3. Pijat Memutar, Baik Anda yang melakukan pemijatan pada titik refleksi dengan menggunakan tangan atau tongkat, teknik pijat memutar ini bisa dilakukan. Teknik ini digunakan untuk merilekskan Anda sebagai pemijat dan melancarkan sirkulasi darah pasien. Bahkan pasien pun tak akan merasakan kesakitan.. 

 Inilah sekitas tentang titik pijak refleksi kaki. Semoga artikle ini dapat memberikan manfaat untuk Anda

0 comments:

Post a Comment

Labels

100% manjur 1001 khasiat Agama Islam Akupunktur Alpukat Alzheimer anak dan balita Anemia Artikel Kesehatan Khusus Bayi Artikel Kesehatan Khusus Ibu Hamil Artikel Kesehatan Khusus Wanita Artikel Kesehatan Umum Asam Lambung asam urat Batu Ginjal Batuk Bronkitis Batuk Perokok bayi Bayi dan balita Berita Bersin-bersin Buah Bagi Wanita Dan Pria Cara Cepat Hamil Darah Rendah Darah Tinggi Demam Berdarah diabetes Diabetes dan Jantung Fakta Kesehatan Gangguan Pendengaran Gaya hidup Gizi Nutrisi Glaukoma Gondok Gonorhoe Gusi Bengkak Hidung Mimisan Hipnoterapi Ibu dan Anak Ilmu Kebidanan Ilmu Kedokteran Ilmu Keperawatan Info jenis2 Penyakit Info Kesehatan Info Kesehatan Ibu dan Anak Info Kesehatan Lainnya Info Khasiat Herbal dan Gizi Makanan info sehat Info Umum Insomnia Jahe Jantung Koroner Jaringan Hewan Jaringan Tumbuhan Kaki Pecah Pecah Kandung Kemih Lemah Kandungan/Khasiat kanker Kanker Darah Kanker Kelenjar Getah Bening Kanker Otak Kanker Paru-paru Kanker Payudara Kanker Prostat Kanker Rahim Kanker Usus Kasiat/Manfaat Kecanduan Alkohol Kecanduan Narkoba Kecantikan dan Produk Perawatan Kecil Berbahaya Kehidupan Keperawatan Maternitas Keperawatan Medikal Bedah Keropos Tulang kesehatan kesehatan anak Kesehatan Bayi Kesehatan Gigi dan Mulut kesehatan ibu Kesehatan Reproduksi Kesehatan Sex Kesehatan Wanita Kesuburan Sperma-Ovum Khasiat dan Manfaat Kisah kista konsep kebidanan Kumpulan Leaflet Kumpulan SAP Kurang Darah Kurang Tidur Lain Lain Lemah Syahwat macam penyakit Makanan Makanan dan Minuman Manfaat Buah dan Tanaman Bagi Kesehatan Manfaat Buah-buahan Manfaat dan Khasiat Bunga menyusui Migrain Migren Miom Mitos Mitos Impotensi Nama Bayi Nutrisi Bumil obat Obat Herbal olahraga opini Penyakit Penyakit Baru Akibat Teknologi penyakit jantung Penyakit Liver Perawatan Kulit Wanita Pertumbuhan Tanaman Pertumbuhan Tulang Perut Kembung Pikun Pola Hidup Unik Sehat Prostat Radang Paru Radang Tenggorokan Rambut Rambut Rontok Rambut Uban rematik Resep Sariawan Sejuta Tips Sembelit Sering Mengantuk Sinusitis Siphilis Sistem Gerak sperma stroke Susah Konsentrasi Susah Tidur Tanaman Herbal Dan Khasiatnya Tbc Teh Hijau Terapi dan Penyakit Terapi Kesehatan Thalasemia Tips Tips Cepat Hamil Tips Hamil Tips kecantikan Tips sehat Tips Sehat Alami Tips-tips Tomat tumor Umum Usus Lemah Usus Luka Varises Wanita Wanita Dan Jenis Penyakitnya Wanita Dan Masalahnya Wasir